Pages

Friday, August 10, 2012

Khutbah Rasulullah S.A.W. Menjelang Ramadhan

Selain memerintah shaum, dalam menyambut menjelang bulan Ramadhan,Rasulullah s.a.w. selalu memberikan beberapa nasihat dan pesanan. Inilahpesan Nabi s.a.w. tatkala memasuki Ramadhan.

Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah denganmembawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia disisi Allah.Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalahmalam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yangpaling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dandimuliakan oleh-NYA.

Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmuditerima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu denganniat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untukmelakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapatampunan Allah di bulan yang agung ini. Kenanglah dengan rasa lapar danhausmu di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin.

Muliakanlah orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah talipersaudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halalkamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamumendengarnya.

Kasihilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu.Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmuuntuk berdoa pada waktu shalatmu karena itulah saat-saat yang palingutama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuhkasih; Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut merekaketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa mereka ketika merekaberdoa kepada-Nya. Wahai manusia! Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karenaamal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istighfar.

Punggung-punggungmu berat karena beban (dosa) mu, maka ringankanlahdengan memperpanjang sujudmu. Ketahuilah! Allah ta?ala bersumpah dengansegala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan mengazab orang-orang yangshalat dan sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada harimanusia berdiri di hadapan Rabb al-alamin.

Wahai manusia! Barang siapa di antaramu memberi buka kepada orang-orangmukmin yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya samadengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa-dosayang lalu. (Sahabat-sahabat lain bertanya: ?Ya Rasulullah! Tidaklah kamisemua mampu berbuat demikian. ?Rasulullah meneruskan: ?Jagalah dirimudari api neraka walaupun hanya dengan sebiji kurma.\" Jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan seteguk air. ?Wahai manusia! Siapa yang membaguskan akhlaknya di bulan ini ia akanberhasil melewati sirathol mustaqim pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangankanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akan meringankanpemeriksaan- Nya di hari kiamat.

Barangsiapa menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahanmurka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa memuliakan anakyatim di bulan ini, Allah akan memuliakannya pada hari ia berjumpadengan-Nya. Barang siapa menyambungkan tali persaudaraan (silaturahmi) dibulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini,Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Barangsiapa melakukan shalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskanbaginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardubaginya ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardu di bulan lain.

Barangsiapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akanmemberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan.

Barangsiapa di bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya samaseperti mengkhatam Al-Quran pada bulan-bulan yang lain.

Wahai manusia! Sesungguhnya pintu-pintu syurga dibukakan bagimu, maka mintalah kepadaTuhanmu agar tidak pernah menutupkannya bagimu. Pintu-pintu nerakatertutup, maka mohonlah kepada Rabbmu untuk tidak akan pernah dibukakanbagimu.

Syaitan-syaitan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi pernahmenguasaimu. Amirul mukminin k.w. berkata: ?Aku berdiri dan berkata:

"YaRasulullah! Apa amal yang paling utama di bulan ini?" Jawab Nabi: "YaAbal Hasan! Amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dariapa yang diharamkan Allah".

Wahai manusia! sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yangsenantiasa besar lagi penuh keberkahan, yaitu bulan yang di dalamnya ada suatumalam yang lebih baik dari seribu bulan; bulan yang Allah telahmenjadikan puasanya suatu fardhu, dan qiyam di malam harinya suatutathawwu?. ??Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaankebajikan di dalamnya, samalah dia dengan orang yang menunaikan suatu fardhudi dalam bulan yang lain. ??Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkansabar itu adalah pahalanya syurga. Ramadhan itu adalah bulan memberi pertolongan (syahrul muwasah) dan bulan Allah memberikan rezki kepadamukmin di dalamnya. ??Barangsiapa memberikan makanan berbuka seseorang yang berpuasa, adalah yang demikian itu merupakan pengampunan bagi dosanyadan kemerdekaan dirinya dari neraka.\"

Orang yang memberikan makanan itu memperoleh pahala seperti orang yangberpuasa tanpa sedikitpun berkurang. ?Para sahabat berkata, ?YaRasulullah, tidaklah semua kami memiliki makanan berbuka puasa untuk oranglain yang berpuasa. Maka bersabdalah Rasulullah s.a.w., ?Allah memberikanpahala kepada orang yang memberi sebutir kurma, atau seteguk air, atausehirup susu. ??Dialah bulan yang permulaannya rahmat, pertengahannya ampunan dan akhirnya pembebasan dari neraka. Barangsiapa meringankanbeban dari budak sahaya niscaya Allah mengampuni dosanya danmemerdekakannya dari neraka. ??Oleh karena itu banyakkanlah yang empat perkara di bulan Ramadhan; dua perkara untuk mendatangkan keredhaan Tuhanmu, dan duaperkara lagi kamu sangat menghajatinya. ??Dua perkara yang pertama ialahmengakui dengan sesungguhnya bahwa tidak ada Tuhan selain Allah danmohon ampun kepada-Nya.

Dua perkara yang kamu sangat memerlukannya ialah mohon syurga danperlindungan dari neraka. ??Barangsiapa memberi minum kepada orang yang berbuka puasa, niscaya Allah memberi minum kepadanya dari air kolam-Kudengan suatu minuman yang dia tidak merasakan haus lagi sesudahnya, sehinggadia masuk ke dalam syurga.? (HR. Ibnu Huzaimah).

No comments:

Post a Comment